Daftar Exchanger Cryptocurrency

Sejak kemunculan Bitcoin pada tahun 2009, cryptocurrency telah berkembang pesat dari tahun ke tahun dengan berita bahwa cryptocurrency yang baru bermunculan setiap minggunya. Meningkatnya minat dalam digital currency mendorong timbulnya crytocurrency exchange, yaitu sebuah trading medium profesional di mana user dapat membeli, menjual, atau menukarkan cryptocurreny dengan digital currency lainnya atau FIAT currency tradisional seperti EUR atau USD. Terdapat cukup banyak pilihan exchange yang bagus yang menawarkan layanan untuk membeli atau menjual cryptocurrency secara online.

Walaupun mereka semua menawarkan sejumlah layanan yang serupa, kualitas dari layanan tersebut bisa berbeda-beda. Contohnya, beberapa exchange memberikan interface yang mudah untuk digunakan tetapi dengan fungsi yang terbatas, sedangkan beberapa exchange lainnya memberikan crytocurrency exchange platform dengan trading tool yang lebih canggih dan opsi pembayaran yang lebih beragam. Oleh karena itu, menentukan kriteria untuk memilih cryptocurrency exchange terbaik lebih berkaitan dengan pilihan pribadi dan bukan ketetapan yang baku. Kami telah mengumpulkan daftar review cryptocurrency exchange yang menurut kami merupakan exchange paling populer saat ini yang masih beroperasi di dalam market.

Sangatlah penting untuk melakukan penelitian yang dalam dan menyeluruh sebelum memulai di exchange mana pun. Banyak faktor seperti trading volume, dukungan untuk fiat currency, dan fee transaksi harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir. Di bawha kami telah mengumpulkan daftar sejumlah faktor yang kami anjurkan untuk dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk bergabung dengan exchange.

  • Reputasi – Cara terbaik untuk mengetahui apakah suatu exchange dapat dipercaya atau tidak dan apakah exchange sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda harus meluangkan waktu untuk membaca sejumlah review dari para user. Anda dapat melihat track record apakah exchanger pernah menjadi korban hack, scam, dll.
  • Metode Pembayaran – Salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan oleh trader pada saat memilih cryptocurrency exchange adalah ketersediaan metode pembayaran yang diinginkan. Beberapa exchange seperti Binance hanya menawarkan solusi cryto-to-crypto di mana user dapat melakukan deposit dari Bitcoin atau cryptocurrency wallet lainnya yang sudah dimiliki, sedangkan exchange lainnya seperti Coinbase atau Gemini memiliki sejumlah opsi deposit termasuk di antaranya dengan menggunakan CC, transfer bank, atau PayPal.
  • Syarat Verifikasi – Sebagian besar Bitcoin trading platform baik di US dan UK mengharuskan verifikasi ID sebelum user dapat melakukan deposit & withdrawal. Beberapa exchange juga mengizinkan user untuk tetap anonim. Walaupun verifikasi dapat mengambil waktu berhari-hari dan terdengar merepotkan, proses ini juga dapat melindungi exchange dari berbagai macam scam dan pencucian uang.
  • Deposit /Withdrawal fees  –  Fee dapat berbeda-beda tergantung dari perusahaan dan metode pembayaran yang Anda gunakan. Contohnya, jika Anda membeli Bitcoin dari Coinbase dengan menggunakan credit card Anda perlu membayar 3.99% fee dan uangnya akan tiba secara instan. Jika Anda melakukan transaksi dengan menggunakan transfer bank, fee akan berkurang menjadi 1.49%. Seberapa bagus dan terpercaya suatu layanan, ada baiknya untuk selalu melakukan sedikit penelitian terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.
  • Trading Fees –  Sebagian besar exchange mengenakan biaya fee sebesar 0.25% untuk setiap trade. Selain itu, sebagian besar perusahaan juga memberikan diskon untuk trading fee jika Anda telah memenuhi trading volume tertentu. Dengan itu, fee bisa saja mencapai 0.1% bagi akun yang memiliki trading volume yang tinggi.

Kami harap faktor-faktor yang kami jelaskan di atas dapat membantu Anda untuk memilih exchange yang tepat, di mana semuanya sesuai dengan harapan Anda. Di dalam kondisi apa pun, cobalah luangkan waktu untuk melakukan sedikit research agar pengalaman investasi cryptocurrency Anda tidak dimulai di jalur yang salah.

Berikut ini adalah tabel beberapa exchanger yang kami favoritkan: